Ketika Bingung Menemukan Ide Menulis, Cobalah Cara Ini!

Bagaimana cara menemukan ide menulis?

Karena hobi saya juga menulis, maka hampir setiap harinya selalu ada saja yang ditulis. Entah itu menulis tentang pengalaman pribadi, puisi atau menulis artikel lainnya untuk website.

Menulis serasa menjadi hal wajib untuk selalu dilakukan.

Namun dengan kegiatan ini terkadang menyita banyak waktu saya. Sebab untuk mendapatkan tulisan yang bagus akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Di balik rutinitas yang dilakukan, sulitnya mendapat ide-ide menulis kerap menjadi persoalan. Menemukan ide menulis yang sesuai dengan topik artikel ternyata sangat tidak mudah.

Ternyata bukan hanya wawasan luas serta informasi yang banyak saja untuk bisa menciptakan gagasan dalam setiap tulisan, namun kreatifitas yang tinggi sangat dibutuhkan supaya hasil tulisan bisa lebih bermakna dan tentu saja disukai oleh banyak orang.

Mencari inspirasi menulis bisa muncul dari mana saja.

Baca : Cara Menjadi Penulis Tamu (Guest Post)

Nah bagi kamu yang penasaran ingin mengetahui cara-cara yang saya lakukan dalam mendapatkan kemudahan dalam menulis, akan saya uraikan bagaimana cara mengatasi kehabisan ide saat menulis.

Ide Menulis bisa Ditemukan dengan Beberapa Cara Ini

Ada 12 cara mendapatkan ide menulis yang semuanya didasari dari pengalaman pribadi saya.

1. Menonton acara televisi

Menghabiskan waktu depan komputer tentu akan membuat bosan. Karena bosan, pikiran menjadi tidak bisa lagi fokus.

Apalagi jika harus memikirkan dan mencari ide-ide untuk menulis, rasanya mustahil bisa berhasil.

Menonton acara di televisi dapat sedikit merefresh otak dari kepenatan. Cabalah menonton hal-hal yang ringan namun bermanfaat.

Biasanya, ketika pikiran dan otak kita mulai merasakan ketenangan maka secara otomatis seluruh bagian tubuh akan terasa lebih segar dan lebih santai.

Nah, pada tahap inilah secara tidak sadar pikiran kita dapat dengan cepat menampung semua pesan yang tersampaikan lewat acara-acara televisi yang ditonton.

Dari sinilah ide-ide untuk menulis sering kali mulai tergambar. Tinggal bagaimana cara kita bisa merealisasikannya dipikiran lalu dicurahkan melalui tulisan.

Atau,

Kamu bisa bertanya pada diri sendiri mengenai tujuan menulis. Apakah menulis untuk menghibur? Atau hanya ingin memberikan informasi?

Pilihlah acara televisi sesuai dengan tujuan kamu menulis.

2. Membaca Buku

Cara ini sering dilakukan banyak orang untuk mencari ide dalam tulisan. Ya membaca buku ..

Banyak manfaat yang dapat dirasakan ketika membaca buku menjadi satu kebiasaan. Manfaat besarnya yaitu bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Ada lagi, dengan membaca buku juga dapat menjadikan pikiran lebih nyaman dan tenang.

Nah, ide menulis juga bisa hadir ketika kamu sering membaca buku.

Bahkan menurut hemat saya, orang yang suka menulis biasanya juga hobi membaca. Karenanya, menulis dan membaca mempunyai hubungan yang sangat erat.

Cobalah mulai sekarang biasakan membaca buku-buku bermanfaat agar mendapatkan ide-ide segar yang bisa direalisaikan dalam tulisan kamu nanti.

3. Berdiskusi

Berdiskusi dapat menjadi alternatif agar bisa menemukan ide untuk menulis. Tentu saja, kamu harus cermat dalam memilih partner diskusi ini.

Kamu bisa mengajak orang-orang terdekat seperti anggota keluarga, teman atau mungkin pacar.

Ajaklah mereka diskusi mengenai satu atau beberapa topik pembahasan.

Dengan diskusi akan terjadi tukar pendapat dan transfer pemikiran atau ide.

Dari sinilah ide menulis bisa didapatkan. Selanjutnya tugas kamu adalah menuangkannya dalam tulisan.

4. Blogwalking

Mengunjungi blog orang lain menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan seorang blogger, mungkin saja termasuk kamu.

Ini yang sering juga saya lakukan saat sulitnay menemukan ide saat menulis artikel.

Dengan cara blogwalking biasanya banyak bermunculan gagasan unik untuk sebuah bahan tulisan.

Saya juga kerap mengintip beberapa judul postingan blog orang lain, lalu coba diseleksi dengan beberapa pertimbangan ini :

  • Sesuai dengan apa yang saya pahami dan kuasai
  • Sesuai niche blog
  • Banyak dicari

5. Mengingat pengalaman sendiri

Banyak yang lupa akan hal ini.

Pengalaman pribadi ternyata bisa menjadi ide yang baik dalam menciptakan tulisan kreatif. Misalnya pengalaman tentang perjalanan hidup yang telah dilewati.

Pikirkan dan lalu pilih beberapa yang menurut kamu mempunyai sisi menarik dan ada manfaat yang dapat diambil sehingga akan berguna untuk setiap pembacanya nanti.

Banyak sekali penulis yang memulai karirnya sebagai penulis profesional dengan menuliskan segala hal mengenai pengalaman pribadi dalam hidupnya.

Lalu dikemas sebaik mungkin sehingga tulisan menjadi sangat menarik bahkan sering kali dijadikan sebagai refrensi atau motivasi untuk orang lain.

Adakah pengalaman menarik dalam hidup kamu? Mulailah menuliskannya sekarang!

6. Menulis tentang hobi

Dari hobi pun ternyata bisa ditemukan ide-ide bagus untuk dijadikan sebuah tulisan. Tentu saja akan menjadi lebih menarik jika dipaparkan dengan cara yang lebih kreatif.

Semua orang tentu mempunyai hobi. Entah itu olahraga, memancing, memasak atau touring misalnya.

Jika kamu coba gali dan menjadikannya sebuah tulisan, saya pikir itu akan menjadi lebih keren dan pastinya bakal bermanfaat.

Atau yang selama ini tengah menjadi trend, yaitu travel writer. Hobi jalan dan berwisata lalu menuliskan semua pengalamannya dalam sebuah website.

Seperti halnya banyak penulis wisata yang bisa menciptakan karya tulis yang menarik dan inspiratif.

7. Tentang Kemampuan yang dikuasai

Ini paling mudah dilakukan saat menulis, karena idenya bisa didapatkan dari kemampuan yang kamu kuasai.

Malah akan merasa lebih enak kala menuliskan sesuatu yang benar-benar dipahami. Dengan begitu kamu dapat menguraikannya dengan bebas dan yakin sehingga akan menciptakan sebuah tulisan yang nyata dan mampu memberikan informasi dengan benar.

Bayangkan, jika kamu menulis dengan topik yang tidak dikuasai. Itu akan terasa sulit dan mungkin akan berhenti menulis di tengah jalan karena tidak ada lagi ide.

Kalaupun dipaksakan, hasil tulisan kamu mungkin kurang enak dibaca dan akan terkesan mengada-ada atau bahkan aneh. Dampaknya, pembaca akan merasa kecewa dan menganggap kamu tidak ahli dalam topik yang ditulis.

Untuk itulah, dengan memikirkan kemampuan yang dikuasai maka kamu akan jauh lebih mudah dalam mendapatkan dan menghasilkan ide menulis yang unik dan kreatif.

8. Perhatikan trending topic

Hal yang sedang populer dibicarakan publik di dunia digital merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menemukan ide menulis.

Serius ..

Lihat dan cermatilah topik apa saja yang sedang trend atau sedang ramai dibicarakan, misalnya dengan mengamati netizen di twitter.

Kamu dapat melihat TTI (Trending Topic Indonesia).

Pilihlah trending topic yang sesuai dengan minat dan niche tulisan kamu. Mulai tulis salah satunya yang kamu anggap paling menarik dan cocok dengan topik tulisan kamu.

9. Hirup udara segar di luar rumah

Sepertinya yang satu ini adalah hal yang paling sering saya lakukan ketika merasa buntu saat mencari ide menulis.

Menghirup udara segar di luar rumah menjadi salah satu alternatif yang paling mudah dilakukan namun berdampak baik pada otak dan pikiran.

Rasa penat dan bosan ketika harus berlama-lama di dalam kamar akan menjadikan suasana otak dan pikiran kita menjadi tidak fokus.

Luangkan beberapa saat untuk sekedar berjalan-jalan diluar sekitar rumah, menghirup udara segar lalu coba lihat perlahan sekeliling kamu.

Suasana dan udara yang berbeda akan memberikan dampak pemikiran yang lebih fresh dibanding terus menerus berada di dalam kamar.

Dengan cara ini biasanya ide menulis akan muncul tiba-tiba bahkan diluar dugaan kamu.

10. Rekreasi

Mengunjungi tempat-tempat yang menyenangkan bisa membuat pikiran lebih terbuka dan terlepas dari segala kepenatan yang ada.

Bila pikiran sudah kembali tenang, segar maka dengan sendirinya pikiran akan lebih terbuka sehingga akan lebih mudah menemukan ide-ide kreatif untuk menulis.

Bukan tidak mungkin, justru di tempat rekreasi itulah gagasan itu muncul saat melihat suasana dan keadaan yang berbeda dari biasanya.

Pastinya, rekreasi lebih untuk me-refresh pikiran dan tubuh dari segala kepenatan yang ada sehingga membuat pikiran yang tadinya sulit bekerja akan terasa lebih rileks dan santai lagi.

Saya percaya, dengan cara ini maka ide menulis lebih mudah didapatkan.

11. Kunjungi Wikihow

Entah apa alasannya.

Jika saya merasa kehabisan ide saat menulis, maka mengunjungi Wikihow menjadi satu kebiasaan yang sering dilakukan.

Dan Wikihow menjadi salah satu situs pavorit saya.

Banyak gambaran-gambaran yang bisa dilakukan setelah mengunjungi situs ini.

Dengan mengintip judul-judul yang ada sering kali ide menulis akan datang bermunculan entah bagaimana caranya.

Seperti yang tertulis jelas di halaman utama Wikihow Indonesia :

Kami berupaya membantu semua orang di seluruh dunia belajar cara melakukan apapun.

Jika kamu penasaran, cobalah untuk sekedar berkunjung atau melihat-lihat. Mungkin saja dari sana ide menulis bisa segera kamu dapatkan.

12. Istirahat dan tidur

Ini adalah cara paling terakhir ketika sulit menemukan ide-ide saat menulis.

Istirahat dan tidur adalah pilihannya ketika dihadapkan pada situasi yang sulit dimana otak dan pikiran kita sudah benar-benar lelah dan cape.

Biasanya, saat bangun nanti pikiran akan lebih santai dan rileks lagi.

Menulis adalah hal yang cukup menyenangkan bagi saya, dan kamu?

Pada dasarnya ide menulis akan muncul ketika hati, otak dan pikiran kita terasa tenang. Karena itu, selalu jaga dan ciptakan suasana yang lebih sehat dan fresh.

Seperti itulah beberapa cara yang saya sering lakukan ketika buntu ide saat mulai dan sedang menulis sebuah artikel. Kamu boleh mencobanya ya.. semoga bermanfaat.

Nah jika kamu ingin menambahkan beberapa cara lainnya untuk menemukan ide menulis, silahkan tuliskan pada kolom komentar.

1 thought on “Ketika Bingung Menemukan Ide Menulis, Cobalah Cara Ini!”

Leave a Comment